Tuesday, August 19, 2008

Don't Give Up

Assalamualaikum, hai sobat apa kabarmu...? lama rasanya kita tak bercengkerama dan baru kali ini sepertinya dirimu bisa meluangkan sedikit waktu ditengah kesibukan dunia. Pastinya kau tahu bahwa takkan pernah ada puasnya keingingan manusia terhadap sesuatu. Baiklah, kali ini kupinta dirimu untuk berhenti sejenak menyandarkan bahumu dan mengatur lagi irama kehidupan yang sudah kau jalani atau kau tempuh. Sekali lagi aku hanya ingin memberi sedikit saja pencerahan kepada dirimu. Semoga saja kau berkenan.

Aku tahu banyak sekali peristiwa yang sudah kau alami. Peristiwa jatuh bangun mu dalam menggapai keinginan, harapan atau cita-cita. Yang aku garis bawahi darimu adalah bahwa kau sesungguhnya cukup menyadari akan luasnya rahmat Tuhan mu. Sehingga ketika dirimu mengalami kegagalan kau tak mudah berputus asa. Kekecewaan atas sebuah kegagalan adalah hal yang sangat manusiawi sekali namun kita harus hati-hati dalam menyikapinya agar tak terjerumus dalam lembah keputus-asaan. Sungguh amat luas dan besar sekali rahmat Tuhan mu. Maka jangan sekali-kali dirimu berputus asa dalam menggapai rahmat-Nya.

Kegagalan adalah sebuah proses untuk mencapai keberhasilan dari apa yang dirimu inginkan. Proses, itulah yang harus kau jalani. Tapi, dibalik proses ada cara yang pilih atau yang perlu kau lakukan. Dan sebaik-baiknya cara adalah cara yang baik yang tidak berbenturan dengan nilai-nilai kehidupan, kemanusiaan dan bahkan nilai-nilai agama. Dan yang teramat penting juga tidak melukai atau menyakiti perasaan orang lain. Janganlah kau menghalalkan segala cara untuk dapat cepat meraih keinginanmu. Lihat dan belajarlah dari apa yang pernah kau alami dari orang yang melakukan segala cara dan ingin cepat mendapatkan keinginannya akhirnya harus melukai perasaan orang lain. Tentunya cara-cara seperti itu tidak dapat dibenarkan meskipun bisa cepat mencapai tujuan. Carilah cara yang cerdas yang bisa cepat mencapai tujuan namun tetap berada dalam koridor yang benar. InsyaAllah, pencapaian seperti itulah yang penuh dengan kepuasaan dan juga diridhoi oleh Tuhan. Camkanlah itu sobat.

Aku tak ingin berpanjang lebar denganmu mengingat waktumu juga mungkin yang teramat singkat dan segera ingin melanjutkan perjalanan kehidupanmu. Sekali lagi aku menekankan tentang pelajaran hidup untuk belajar dari kegagalan dan pantang berputus asa. Bahwa sesungguhnya jangan pernah berputus asa dari rahmat Tuhanmu karena ia pasti akan memberikan apa yang hamba-hamba-Nya butuhkan. Sehingga kegagalan itu hanyalah sebuah keberhasilan yang tertunda. Begitupun aku mengingatkan mengenai cara pencapaian, jangan sekali-kali menghalalkan segala cara untuk cepat mendapatkan keinginanmu. Tempuhlah cara yang diridhoi oleh Tuhan mu tanpa perlu menabrak nilai-nilai yang ada dalam kehidupan dan jangan sekali-kali sampai menyakiti atau melukai perasaan orang lain. Sungguh apa yang kau lakukan atau kau perbuat kelak akan kau rasakan kembali. Inilah pesanku. Semoga kau banyak mendapat hikmah dari apa yang kau alami ataupun yg kau temui dalam perjalanan kehidupanmu. Sampai jumpa sobat.

No comments: